Panduan penyiapan memulai cepat IT

Siapkan Google Workspace for Education untuk institusi sehingga Anda dapat menyiapkan kolaborasi yang lebih mudah, organisasi terpusat, serta proses yang lebih ringkas.

1 dari 8

Buat akun

Tentukan edisi Google Workspace yang terbaik untuk institusi

Dapatkan Google Workspace for Education Fundamentals — alat komunikasi dan kolaborasi untuk mendukung proses belajar dan mengajar. Atau upgrade ke Google Workspace for Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, atau Google Workspace for Education Plus untuk mendapatkan kemampuan tambahan. Bandingkan Edisi Google Workspace dan daftar.


Verifikasi domain Anda

Setelah mendaftar, Anda akan dipandu untuk memverifikasi domain.

2 dari 8 (opsional)

Tetapkan arsitektur email

Siapkan data MX

Anda akan menggunakan data MX untuk memverifikasi domain dan mengarahkan alur email ke server email Google. Konfigurasikan data MX domain Anda.


Tentukan pengiriman email

Untuk informasi umum terkait pengiriman email, lihat ringkasan opsi pengiriman.

3 dari 8

Tentukan struktur organisasi

Unit organisasi memungkinkan Anda mengelompokkan populasi pengguna, serta memberikan berbagai layanan dan izin kepada unit organisasi yang berbeda. Lihat cara kerja struktur organisasi dan dapatkan petunjuk langkah demi langkah tentang cara menambahkan unit organisasi.

seorang gadis menunjukkan Google Dokumen di tabletnya kepada seorang teman

4 dari 8

Buat akun

Siapkan akun pengguna untuk siswa, pengajar, dan staf pengajar lainnya

Ada berbagai opsi untuk menambahkan pengguna, jadi pilihlah yang terbaik untuk institusi Anda. Tinjau opsi untuk menambahkan pengguna.


Buat satu atau beberapa akun

Cara termudah menambahkan pengguna adalah dengan menambahkan pengguna satu per satu menggunakan penyediaan manual. Anda dapat menambahkan hingga 500 pengguna sekaligus menggunakan upload CSV.


Sinkronkan akun secara otomatis untuk institusi besar

Sediakan pengguna, grup, dan kontak secara otomatis berdasarkan data pengguna di server LDAP dengan Sinkronisasi Direktori Google Workspace.

5 dari 8

Integrasikan Google Workspace ke dalam kelas

Pusatkan pengajaran dan pembelajaran dengan Classroom

Classroom membantu pengajar dan siswa menjalin komunikasi, tetap terkelola, dan menghemat waktu. Bantu pengajar memulai dengan membuat kelas di Classroom.

Integrasikan Google Workspace dengan Sistem Pengelolaan Pembelajaran yang ada menggunakan Course Kit

Instruktur dapat menggunakan Course Kit untuk membuat tugas, memberikan masukan, serta membagikan materi kursus dalam LMS yang digunakan. Siapkan Course Kit.

6 dari 8

Autentikasikan akun

Siapkan Single Sign-On

Jika Anda mengintegrasikan beberapa akun dengan layanan lain di institusi, siapkan Single Sign-On.


Buat pemulihan sandi

Untuk memastikan pengguna dapat menghubungi tim yang tepat jika ada masalah login, siapkan pemulihan sandi.

7 dari 8

Migrasikan data

Migrasi data dapat dilakukan pada sisi server atau sisi klien. Untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dalam memigrasikan data organisasi, lihat panduan migrasi.

8 dari 8

Aktifkan layanan

Setelah siap, silakan melihat-lihat dan mempelajari berbagai hal yang dapat dilakukan oleh Google Workspace.

  • Gmail logo

Gmail

Siapkan sistem email berskala institusi. Atau gunakan Gmail untuk saling berkirim email secara aman. Aktifkan Gmail.

  • Logo Google Drive

Drive

Simpan dan atur tugas, dokumen, atau kurikulum kelas dengan aman. Anda dapat mengaksesnya dari perangkat apa saja. Aktifkan Drive.

  • Logo Google Kalender

Kalender

Bagikan kalender atau buat kalender bersama dengan anggota lain untuk memantau jadwal dengan mudah. Aktifkan Kalender.

  • Google Jamboard logo

Jamboard

Buat sketsa dan berkolaborasi pada kanvas interaktif dari komputer, ponsel, atau tablet Anda. Aktifkan Jamboard.

  • Logo Google Sites

Situs

Membuat situs, menjadi host kurikulum pelajaran, membangun keterampilan pengembangan, dan memfasilitasi kreativitas dengan web builder yang mudah digunakan ini. Aktifkan Sites.

  • Logo Google Meet

Google Meet

Terhubung secara virtual melalui video call dan pengiriman pesan yang aman agar pembelajaran tetap berlangsung meskipun di luar sekolah. Aktifkan Google Meet.

  • Google Groups logo

Grup

Buat dan berpartisipasi dalam forum grup untuk mendorong komunikasi dan percakapan. Aktifkan Grup.

  • Google Vault logo

Vault

Tambahkan pengguna, kelola perangkat, serta konfigurasikan keamanan dan setelan sehingga data tetap aman. Aktifkan Vault.

  • Logo Layanan Tambahan Google

Layanan Tambahan

Kontrol akses pengguna ke beberapa layanan tambahan, seperti YouTube, Blogger, Google Analytics, dan lainnya. Sesuaikan pengalaman untuk pengguna Anda dengan menyetel akses ke beberapa layanan Google berbasis usia. Aktifkan Layanan Tambahan.

Students in a lecture hall looking intently in room filled with students.

Edisi upgrade

Tambahkan kemampuan yang disempurnakan

Ubah lingkungan pembelajaran dengan fitur keamanan yang disempurnakan dan alat kolaborasi premium yang tersedia di Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, atau Education Plus.

Dapatkan bantuan untuk menyiapkan Google Workspace

Lihat panduan penerapan

Dapatkan informasi terperinci terkait penyiapan Google Workspace for Education. Download PDF Panduan Penerapan.

Hubungi spesialis

Dapatkan dukungan langsung dari spesialis Google for Education untuk membuat rencana penerapan atau meminta bantuan untuk menerapkannya. Hubungi spesialis.

Kunjungi pusat bantuan

Jika masih ada pertanyaan terkait penyiapan Google Workspace, temukan jawabannya di Pusat Bantuan Admin.

Teruslah menjelajah