Huntsville Independent School District membantu mengatasi kesenjangan digital menggunakan Google for Education

Background

Huntsville Independent School District (HISD) adalah distrik sekolah negeri di Huntsville, Texas yang menaungi 6.300 siswa berusia 3–18 tahun di 9 kampus. Distrik ini berfokus untuk memberikan pengalaman pendidikan yang luas, termasuk akses ke pembelajaran vokasi, guna menjamin keberhasilan siswanya di masa depan. Komitmen utama HISD adalah menyediakan peluang besar dan akses ke sumber pembelajaran online demi mengatasi kesenjangan penguasaan teknologi di tengah populasi siswa, yang 70% di antaranya adalah siswa yang berhak mendapat makanan sekolah gratis atau dengan harga yang murah.

“Kini, dalam berbagai kesempatan, saya dapat mengadaptasi rencana pembelajaran saya dengan mencari aktivitas tambahan dan pengalaman pembelajaran bersama untuk membantu individu atau kelompok tertentu memahami suatu topik lebih dalam. Dengan Chromebook, tingkat fleksibilitas seperti ini dapat dicapai.”

Charly Baker, Pengajar matematika sekolah menengah pertama, Huntsville Independent School District

Tantangan

HISD ingin mengubah cara penyampaian instruksi dan menggunakan teknologi secara efektif demi meningkatkan pembelajaran dan interaksi siswa. Distrik ini awalnya tidak memiliki akses ke resource pendidikan online untuk seluruh sekolah dan siswanya. Jika ingin menggunakan teknologi di kelasnya, pengajar harus terlebih dahulu menjadwalkan waktu di lab yang \ selalu mendapat banyak permintaan. Sebagai langkah pertama, HISD berinvenstasi dalam jumlah yang besar pada infrastruktur Wi-Fi, dengan memberikan pondasi penggunaan resource pendidikan online di kelas.

Biaya hardware juga menjadi masalah besar. Tim IT distrik ini kewalahan mengelola server yang terus-menerus bermasalah dan terserang virus. Sisi terburuknya adalah perawatan ini menggunakan dana yang seharusnya digunakan untuk membeli perangkat baru untuk siswa.

Amy Mayer, Direktur Pengembangan Staf dan Inisiatif Distrik di HISD, menjelaskan, "Kami sangat memerlukan teknologi dengan pemeliharaan minimal dan hemat biaya untuk digunakan sehari-hari."

Solusi

Akses mudah ke resource online, harga yang terjangkau, dan daya tahannya menjadikan Chromebook opsi yang sempurna bagi HISD, yang menguji perdana 350 Chromebook di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas pada tahun 2012. Chromebook, laptop Google yang menjalankan Chrome OS, adalah perangkat portabel dan aman yang memungkinkan siswa terhubung ke internet, menemukan resource pendidikan, serta berkolaborasi dan belajar.

Distrik ini juga telah mendaftar ke Google Apps for Education, yang merupakan suite produktivitas berbasis web yang dilengkapi email, kalender, dan pembuatan dokumen yang gratis bagi sekolah. Artinya, server Exchange yang membutuhkan biaya perawatan yang tinggi tidak lagi diperlukan, serta waktu dan resource dapat difokuskan kembali ke hal lain.

“Kemudahan untuk memiliki perangkat yang menyimpan segalanya di internet dan cepat menyala, sehingga pengajar kini dapat menggunakannya di kelas kapan pun mereka dapat membantu. Apabila Anda mempertimbangkan semua lisensi software, investasi server, dan biaya perawatan berkelanjutan saat menjalankan laptop biasa, kami sangat terkejut dengan keefektifan biaya dan kepraktisan yang diberikan Chromebooks,” tambah Mayer.

Manfaat

Huntsville kini memiliki lebih dari 800 Chromebook dan terus membeli lebih banyak. Karena Chromebook hanya memerlukan waktu beberapa detik untuk menyala serta memungkinkan akses yang mudah ke resource online dan Google Apps, memperkenalkan Chromebook ke staf dan siswa tidaklah rumit serta mudah dikelola sejak awal.

“Pengaruh penggunaan Chromebook di dalam kelas dan komunitas pengajar/orang tua yang lebih luas telah menjadi fenomena tersendiri. Beberapa orang tua siswa bahkan sampai menangis penuh syukur karena sekolah anak-anak mereka dapat menyediakan sesuatu yang berpotensi besar untuk hal penting yang tidak mampu mereka berikan, yaitu akses ke sumber belajar online di sekolah dan di rumah.”

Amy Mayer, Direktur Pengembangan Staf dan Inisiatif Distrik, Huntsville Independent School District

Pembelajaran yang berdasarkan siswa

Kemampuan untuk menggunakan resource online juga telah membuat pembelajaran lebih berpusat dan berdasarkan siswa. Jika sebelumnya siswa bergantung pada pengajar untuk mendapat jawaban dan informasi, kini siswa dapat meneliti topik secara mandiri. Saat bertanya pada pengajar, ini bukanlah lagi jawaban berdasarkan fakta, tetapi lebih pada pertanyaan yang mendalam dan kreatif. Selain itu, konten yang diberikan siswa lebih luas.

Salah satu contohnya adalah project “Power for Food”, di mana para siswa mencatat jurnal makanan selama 7 hari untuk memahami kandungan nutrisi di dalam makanan mereka. Brenda Schultz, pengajar matematika kelas 7, menjelaskan, “Menarik sekali melihat interaksi anak-anak dengan project ini. Jika project ditulis di atas kertas, jurnal ini hanya akan berupa tabel atau paragraf dari buku. Namun, dengan menggunakan Chromebook dan Google Apps, para siswa mengembangkan project yang lebih kaya dengan riset mendetail yang dilengkapi konten gambar dan video.”

Lebih banyak resource untuk pengajar

Chromebook juga sangat fleksibel untuk membuat rencana pembelajaran bagi pengajar. Charly Baker, seorang guru matematika di sekolah menengah, menjelaskan, “Chromebook telah mendorong saya berpikir di luar batas dalam hal pengajaran. Kini, dalam berbagai kesempatan, saya dapat mengadaptasi rencana pembelajaran saya dengan mencari aktivitas tambahan dan pengalaman pembelajaran bersama untuk membantu individu atau kelompok tertentu memahami suatu topik. Dengan Chromebook, fleksibilitas seperti ini dapat dicapai.”

Peningkatan akses pembelajaran—kapan saja, di mana saja

Siswa juga dapat membawa pulang Chromebook, dan bagi sebagian siswa, ini adalah pertama kalinya mereka memiliki akses ke teknologi dan resource pembelajaran di luar kelas semacam ini. Dengan dokumen Google, siswa dapat mengakses semua dokumen yang dibuatnya di kelas di mana saja dan melanjutkan tugasnya dari rumah. Kemudahan akses ini membuat perbedaan besar bagi para siswa yang mencoba menyeimbangkan antara kebutuhan finansial untuk membantu keluarga mereka dengan bekerja paruh waktu dan menyelesaikan studi. Susan Cason, pengajar matematika di sekolah menengah atas, bercerita, “Salah satu siswa saya bekerja paruh waktu untuk membantu membayar tagihan keluarganya. Nilainya pernah turun karena waktunya setelah sekolah digunakan untuk bekerja. Chromebook memungkinkan dirinya menyelesaikan semua tugas belajar dan sekolahnya selama hari aktif di sekolah dengan cara yang lebih produktif atau di rumah setelah selesai bekerja. Dia juga melengkapi pembelajarannya melalui video online. Hasilnya, nilai siswa tersebut meningkat.”

Profil Organisasi

Huntsville Independent School District (HISD) adalah distrik sekolah negeri di Huntsville, Texas yang menaungi 6.300 siswa berusia 3–18 tahun di 9 kampus. Distrik ini berfokus memberikan pengalaman pendidikan yang luas, termasuk akses ke pembelajaran vokasi, untuk menjamin keberhasilan siswanya di masa depan. Komitmen utama HISD adalah menyediakan peluang besar dan akses ke resource pembelajaran online demi mengatasi kesenjangan penguasaan teknologi di antara populasi siswa, yang 70% di antaranya berhak mendapat makanan sekolah gratis atau dengan harga yang murah.

Produk yang digunakan

Download

Terima kasih telah mendaftar!

Beri tahu kami tentang minat Anda.