Broward County Public School menarik beragam siswa ke kelas CS

Tantangan

Milenkovic tahu bahwa ilmu komputer dan pemikiran komputasional (CT) memainkan peran utama dalam keberhasilannya sebagai pengajar di bidang kimia. Di awal tahun 2000-an, Milenkovic mulai mengajar sains di distriknya. Pada tahun 2013, distrik memutuskan untuk memperluas penawaran pendidikan STEM dengan memasukkan CS. Milenkovic mengetahui pentingnya pengajaran CS bersamaan dengan kelas-kelas STEM.

Kesadaran akan CS masih minim di seluruh distrik. “Banyak siswa dan pengajar bahkan belum pernah mendengar ilmu komputer, atau keliru menganggapnya sebagai literasi komputer,” ujar Milenkovic. Bahkan dalam program STEM di distrik tersebut, ilmu komputer tidak dikenal sama sekali. Beberapa pengajar STEM mengajar pemikiran komputasional, namun hanya sejauh keterkaitannya dengan matematika.

Kesadaran yang rendah mengenai CS menyebabkan rendahnya jumlah siswa yang mengikuti ujian Ilmu Komputer AP. Sampai tahun 2016, hanya 200 siswa yang mengikuti ujian, dari 271.000 siswa di distrik. Bagi Milenkovic, rendahnya jumlah tersebut sangat mengejutkan. Bukan hanya ada sedikit siswa yang mengikuti ujian CS AP, namun juga sedikit siswa dari kelompok yang kurang terwakili dalam CS. Sudah jelas bahwa ada kesenjangan kesetaraan yang besar dalam BCPS dan hal ini tidak menunjukkan keberagaman siswa di distrik. Milenkovic yakin bahwa hal ini perlu diubah. “Semua siswa harus mendapatkan kesempatan untuk belajar ilmu komputer agarmemiliki kesempatan yang sama untuk berhasil,” katanya.

Solusi

Saat Milenkovic beralih dari pengajar purnawaktu menjadi supervisor pendidikan STEM pada tahun 2011, ia menyadari bahwa kunci untuk meningkatkan pendidikan ilmu komputer bagi siswa adalah dengan melatih pengajar di distriknya. Pengajar memerlukan pengembangan profesional (PD) dan pelatihan yang berkelanjutan agar mampu memotivasi siswa untuk mendalami ilmu komputer.

Sebagai langkah awal, distrik bermitra dengan Code.org, yaitu lembaga nonprofit yang mendorong perluasan pengajaran CS di sekolah K-12. Code.org memberikan pendanaan bagi pengembangan profesional dan membantu menciptakan “pengajar ahli” yang berpengalaman dalam pengembangan kurikulum CS.

Terinspirasi oleh kemitraan dengan Code.org, Milenkovic mulai mencari beberapa cara untuk mendukung pengajar melalui perjalanan karier. Ia mengajukan proposal dan diberi pendanaan oleh Google untuk periode 2017-2018, setelah mencari tahu tentang program hibah Google melalui Computer Science Teachers Association. Hibah dari Google tersebut memungkinkan BCPS untuk membuat kursus PD online guna membantu pengajar memperoleh sertifikasi negara di Florida untuk mengajar CS.

Sejak menyadari bahwa pengajar memerlukan dukungan yang berkelanjutan—seperti pelatihan dan gaji cuti untuk belajar—Milenkovic menggunakan hibah tersebut untuk mengganti biaya kepada pengajar yang menggunakan waktunya untuk mengikuti kursus online. Sebagian dana ditujukan untuk pendampingan pribadi oleh pengajar ahli. “Saat Anda memulai inisiatif baru seperti membangun program ilmu komputer, Anda tidak memiliki departemen resmi, atau metode bagi pengajar untuk berinteraksi satu sama lain,” ujarnya. “Anda harus membantu mereka membangun jaringan sesama rekan pengajar.”

"Saat ini, keberagaman siswa yang mempelajari CS mencerminkan keberagaman distrik kami dengan lebih baik."

Lisa Milenkovic, Supervisor STEM dan Ilmu Komputer, Broward County Public Schools

Manfaat

Berinvestasi dalam perjalanan karier pengajar dalam Ilmu Komputer

Kursus sertifikasi CS dan pembinaan tatap muka yang didanai dari hibah Google membangun keahlian mengajar CS di distrik, meningkatkan ketersediaan kelas CS di seluruh distrik. Kursus online akan tersedia bagi pengajar dari berbagai disiplin ilmu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang CS, bukan sekadar ingin memperoleh sertifikat. Karena permintaan akan CS dan coding di lingkungan K-12 semakin meningkat, kelas ini akan menjadi fasilitas yang berharga untuk memperluas pengetahuan CS di antara berbagai jenis pengajar.

Pengajar yang meluangkan waktu untuk mengikuti kursus sertifikasi CS memerlukan dukungan ekstra, terutama bimbingan. Dengan memberi kompensasi kepada pengajar atas waktunya yang digunakan untuk belajar dan bertemu dengan mentor, Milenkovic melihat suatu kesempatan untuk mengirimkan pesan kepada calon pengajar CS: “bahwa kami menghargai waktu dan profesionalisme mereka,” katanya. Persembahan dukungan untuk pengembangan profesional akan memotivasi lebih banyak pengajar untuk mencari tahu pelatihan CS di waktu mendatang.

Memperluas akses ke pendidikan Ilmu Komputer di seluruh distrik

Berkat investasi dalam PD pengajar untuk ilmu komputer yang berkelanjutan, distrik ini terus meningkatkan ketersediaan kelas CS di seluruh 286 sekolah di distrik tersebut. Saat ini, sebagian besar sekolah menengah atas BCPS menawarkan “Exploring Computer Science”, mata pelajaran pengenalan yang dibuat oleh National Science Foundation untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian CS AP. Beberapa sekolah menengah bahkan menawarkan kelas “Computer Science Discoveries” berdasarkan rencana pembelajaran dari Code.org. Bahkan sebanyak 141 sekolah dasar di distrik ini telah mulai mengintegrasikan pendidikan CS ke dalam kurikulum standar, menawarkan kelas CS yang berotasi antar tingkat kelas, serta ekstrakurikuler coding dan robotik.

Meningkatkan keberagaman dalam Ilmu Komputer

Menciptakan akses yang luas untuk CS PD adalah kunci utama untuk menjangkau masyarakat yang kurang terlayani. Sebagai distrik sekolah terbesar ke-6 di Amerika Serikat, BPCS memiliki banyak sekolah dengan siswa dari keluarga berpenghasilan rendah, termasuk beberapa sekolah yang menyediakan program makan siang gratis/harga rendah bagi seluruh siswanya. Dengan menjadikan CS sebagai prioritas di distriknya, Milenkovic percaya bahwa para siswa mulai memperoleh kepercayaan diri tentang kemampuan mereka dalam CS. “Kami memberikan kesempatan ini bagi siswa yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk ikut berpartisipasi.”

Kelompok siswa yang lebih beragam mulai menunjukkan antusiasmenya terhadap CS berkat peningkatan kesempatan untuk belajar CS di distrik. Pada tahun 2017, 1.000 siswa BCPS mengikuti ujian ilmu komputer AP, hal ini meningkat secara signifikan dari 200 siswa pada tahun 2016. “Saat ini, keberagaman siswa yang mempelajari CS mencerminkan kebhinekaan distrik kami dengan lebih baik,” tukas Milenkovic.

Profil Organisasi

Tentang Dr. Lisa Milenkovic: Dr. Lisa Milenkovic adalah Supervisor STEM dan Ilmu Komputer untuk Broward County Public Schools (BCPS), distrik sekolah terbesar ke-6 di AS dan terbesar ke-2 di Florida. Milenkovic memulai kariernya dalam bidang kimia analisis, lalu beralih menjadi pengajar ketika anak-anaknya memasuki usia sekolah. Minatnya terhadap bidang kimia menuntunnya menemukan cara untuk meningkatkan pendidikan ilmu komputer (CS) di distriknya, karena kedua disiplin ilmu ini berkaitan sangat erat. Ia merupakan supervisor kurikulum sains yang berpengalaman, mengembangkan kurikulum dan mengelola pengembangan profesional untuk konten dan pedagogi di STEM. Milenkovic juga seorang advokat untuk pendidikan CS di semua jenjang kelas. Pada tahun 2013, ia mulai bekerja dengan Code.org dan Google demi meningkatkan pengembangan profesional CS bagi pengajar.

Produk yang digunakan

Download

Terima kasih telah mendaftar!

Let us know more about your interests.