Penelitan Pendidikan Ilmu Komputer

Ilmu komputer sangat penting bagi masa depan kita, tidak hanya karena jumlah pekerjaan terkait komputasi yang dibuat tiap tahunnya, namun juga karena ilmu komputer mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks, kreativitas yang menumbuhkan ide baru, dan keterampilan untuk mendorong terciptanya inovasi dalam teknologi dan bidang lainnya.

Google Computer Science

Penelitian kami menemukan strategi untuk meningkatkan persepsi ilmu komputer dan untuk memperluas kesempatan belajar bagi semua siswa.

Community College Pathways to Computer Science Bachelor's Degrees

We partnered with the Community College Research Center (CCRC) and ETR on two complementary research reports that explore ways to encourage community college students to pursue bachelor’s degrees in computer science and related fields.

Students who transferred and earned CS bachelor’s degrees were particularly focused and fortunate among the 1.8M students who entered U.S. community colleges in 2007 (CCRC).

Community college students are confused about computer science transfer pathways from their community college to their target four-year institution, yet 60% of participants intended to transfer (ETR).

CS bachelor's degree earners in the dataset followed 1,213 distinct paths to graduation when accounting for lengths of enrollment, switches between schools, and numbers and durations of leaves (CCRC).

Community college students have limited knowledge of CS careers and how to prepare for jobs in CS-related fields (ETR).

Kesenjangan Keragaman dalam Ilmu Komputer: Mengkaji Kurang Terwakilinya Anak-anak Perempuan, Orang Kulit Hitam, dan Hispanik

This special report from Year 2 of our Google-Gallup study explores the structural and social barriers underrepresented groups face at home, in schools, and in society that could influence their likelihood to enter the computer science field. We found:

Dibanding anak laki-laki, anak perempuan cenderung kurang mengetahui tersedianya pembelajaran ilmu komputer di luar sekolah, didorong oleh guru atau orang tua, dan berminat untuk mempelajari ilmu komputer.

Siswa Kulit Hitam dan Hispanik lebih berminat dan orang tua mereka lebih mungkin menginginkan mereka untuk mempelajari ilmu komputer dibanding siswa Kulit Putih.

Siswa Kulit Hitam dan Hispanik menghadapi perbedaan dalam akses dan paparan ke kelas ilmu komputer dan untuk menggunakan komputer di rumah dan sekolah.

Siswa tersebut jarang melihat ilmuwan komputer dari kelompok mereka di media, khususnya anak perempuan dan Hispanik.

Share the infographic and read our focus briefs on girls, Black students, and Hispanic students

Tren Kondisi Ilmu Komputer di Sekolah K-12 Amerika Serikat

Tahun ke-2 studi Google-Gallup kami mengkaji perubahan pada langkah-langkah utama dari Tahun ke-1 dan mengungkap wawasan baru, menyurvei lebih dari 1.600 siswa, 1.600 orangtua, 1.000 guru, 9.800 kepala sekolah, dan 2.300 pengawas. Kami menemukan bahwa:

40% kepala sekolah melaporkan memiliki kelas ilmu komputer dengan pemrograman/pengodean, yaitu meningkat dari 25% pada Tahun ke-1.

Persepsi positif pembelajaran dan karier ilmu komputer tetap ada di antara semua kelompok tersebut.

Hanya sedikit orang tua dan guru yang secara khusus menyatakan dukungan untuk pendidikan ilmu komputer ke pejabat sekolah, padahal pembelajaran ilmu komputer tinggi memiliki nilai yang tinggi.

Terdapat peluang untuk menggabungkan ilmu komputer ke dalam mata pelajaran lain dan melatih para guru yang antusias.

Share the infographic.

Pendidikan Ilmu Komputer di Spanyol Tahun 2015

In collaboration with Spanish Foundation for Science and Technology (FECYT) and everis, we conducted a landscape study to understand the current state of CS education in primary and secondary schools in Spain, examining the awareness of computer science by key stakeholders, and identifying existing barriers and opportunities to making CS education available to all Spanish students. Some findings include:

Meningkatkan kurangnya pemahaman dan kesadaran terhadap arti ilmu komputer dan penerapan praktisnya di kalangan siswa dan orang tua merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk memajukan pendidikan ilmu komputer.

Kekhawatiran orang tua adalah hambatan dalam mendorong anak-anak mereka untuk mempelajari ilmu komputer, termasuk kekhawatiran tentang kesulitannya, penggunaan perangkat digital yang berlebihan, dan masalah keamanan dunia maya.

Orang tua memiliki peran aktif dalam keputusan siswa untuk mengikuti studi ilmu komputer, terutama bagi anak perempuan yang terkadang beranggapan bahwa orang tua mereka tidak mendorong mereka untuk mempelajari ilmu komputer.

Mendorong dan mendukung pengembangan profesi guru sangat penting untuk memfasilitasi integrasi ilmu komputer secara luas ke dalam kurikulum.

Read the report in Spanish and share the infographic in Spanish.

K-12 Computer Science Education: U.S. State Reports

The following reports summarize the status of computer science education for 11 U.S. states from our 2014- 15 Google-Gallup survey of 9,693 K-12 school principals and offer recommendations for each state to broaden access to and participation in computer science learning.

Gambaran tentang Ilmu Komputer: Persepsi Antara Siswa, Orang Tua, dan Pengajar di AS.

Laporan kedua dari studi penelitian dengan Gallup, Inc. mendalami hampir semua data yang kami dapatkan dari 16.000 responden, untuk menjelajahi partisipasi dan persepsi terhadap ilmu komputer, dan yang berhubungan dengan karier serta perbedaan demografis terkait. Kami menemukan bahwa:

Kerancuan antara aktivitas ilmu komputer dan kecakapan komputer umum bersifat merata antara siswa, orang tua, dan pengajar.

Stereotip tentang orang yang berkecimpung dalam bidang ilmu komputer akan bertahan dalam pencitraan media serta persepsi siswa, orang tua, dan pengajar.

Karier di bidang ilmu komputer dipandang menguntungkan, oleh para orang tua yang berasal dari latar belakang berpenghasilan rendah, dan guru yang mayoritas siwanya berasal dari kalangan tidak mampu, kemungkinan besar menganggap ilmu komputer adalah ilmu yang berharga.

Siswa keturunan hispanik yang berjenis kelamin perempuan atau yang berpenghasilan rendah cenderung tidak ingin mempelajari ilmu komputer dibanding rekan-rekannya.

Read our recommendations based on the research and share our infographic.

Menelusuri Ilmu Komputer: Akses dan Hambatan Pendidikan K-12 di AS

To understand perceptions of computer science and associated opportunities, participation, and barriers, we worked with Gallup, Inc. to survey over 1,600 students, 1,600 parents, 1,000 teachers, 9,600 principals, and 1,800 superintendents. We found:

Paparan terhadap teknologi komputer sangatlah penting guna membangun rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran ilmu komputer.

Bagi sebagian besar siswa, peluang mempelajari ilmu komputer di sekolah sangat terbatas. Kalaupun ada, pelajarannya tidak komprehensif.

Tingkat permintaan untuk Ilmu Komputer di sekolah cukup tinggi di antara para siswa dan orang tua, namun sekolah dan administrator distrik meremehkan permintaan ini.

Hambatan dalam menawarkan ilmu komputer di sekolah meliputi persyaratan pengujian untuk mata pelajaran lain serta ketersediaan dan anggaran yang terbatas untuk mendapatkan guru yang berkualitas.

Read our recommendations based on the research and share our infographic.

Wanita Yang Memilih Ilmu Komputer—Hal Terpenting

Proporsi gelar sarjana dalam Ilmu Komputer yang diterima oleh wanita menurun dari 37% pada tahun 1984 menjadi 18% pada tahun 2014. Untuk memahami cara membalikkan tren ini, kami mempelajari lebih dari 1.700 siswa di AS untuk mengidentifikasi dorongan utama yang memotivasi wanita muda mengejar Ilmu Komputer. Kami menemukan:

Dorongan sosialdari orang tua, pendidik, keluarga, teman, dan media memegang peranan penting dalam memengaruhi para siswi untuk mempelajari Ilmu Komputer.

Persepsi karir sering tidak lengkap, jadi kami perlu membuat keragaman gambaran ilmuwan komputer dan menunjukkan besarnya penerapan ilmu komputer di berbagai bidang.

Paparan akademik membangun minat dan kompetensi dalam Ilmu Komputer; siapa pun dapat mendukung Ilmu Komputer di sekolah serta menemukan kesempatan dalam komunitas atau pun online.

Persepsi pribadi memegang peranan penting dan harus diperkuat dengan budaya yang tidak bias secara hati-hati.

Read the report in Spanish or Japanese.